Tips Dekorasi Interior Ruang Tamu Dan Ruang Keluarga Menjadi Lebih Menarik dan Nyaman

shares

Selalu ada ide sederhana untuk membuat dekorasi interior ruang tamu dan ruang keluarga menjadi lebih menarik dan nyaman. Built in cabinet, dekorasi batu alam, cermin, dan beberapa dekorasi vintage yang dalam sekejap bisa membantu merubah ruang tamu dan ruang keluarga anda.

Tips Menata Ruang Keluarga
Source : id.aliexpress.com

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat tampilan ruangan menjadi semakin manis. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi built in cabinet. Furnitur ini sangat cocok untuk ruangan yang mementingkan efisiensi dan kerapian. Adanya furnitur ini bisa memberikan kesan ruangan menjadi terlihat lebih lapang karena desain dan bidangnya dapat terintegrasi dengan ruangan. Biasanya cabinet ini sering dipasang dengan memanfaatkan ruang cekungan antara dua kolom atau bisa juga berfungsi menjadi dinding.

tips mendekorasi ruang tamu minimalis
Source : decorpad.com

Cabinet seperti built in sangat cocok digunakan untuk ruang tamu yang mungil seperti apartemen. Memang saat melakukan pemasangan harus ada perencanaannya terlebih dahulu karena sifat furnitur ini sangat menyatu dengan ruangan, maka harus dilakukan pengukuran secara tepat dan teliti.

Desain Ruang Tamu Minimalis
Source : www.wedonyc.net

Benda satu ini memang memiliki desain yang customed sehingga membuat anda jauh lebih fleksibel untuk merancang ide desain ruang tamu sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda. Cara paling mudah, misalkan dengan menyesuaikan ukuran besaran rak dengan ukuran barang yang akan disimpan dalam cabinet tersebut.

dekorasi ruang tamu kecil
Sorce : country living

Memang banyak yang bilang cabinet built in adalah cabinet yang paling ringkas untuk diterapkan diruangan kecil. Itu karena melihat dari bahan yang digunakan, yaitu multiflex dengan tingkat ketebalam 12 mm. Dan beberapa finishing yang sesuai, biasanya lebih cenderung menggunakan tacon, HPL, tripleks dengan tekstur jati yang di cat melamin.

Ada yang menarik dari furnitur built in ini, salah satunya eksklusifitasnya. Saat anda ingin menerapkan furnitur ini, adapun yang patut untuk anda ingat adalah tentukan terlebih dahulu bagian dinding yang ingin dicover. Lalu manfaatkan cerukan yang ada. Alhasil, bila anda mengikuti penataan yang tepat, ruang indah pun akan terwujud.

Tips Menata Ruang tamu Sempit Agar Terasa Nyaman
Source : rsdinteriors.com

Anda tidak hanya harus terpaku menggunakan built in, penerapan cermin pun bisa membuat kesan ruangan lebih terasa berbeda. Cermin juga bisa menjelma sebagai vocal point untuk ruangan, cermin juga tidak lagi bisa diletakkan di kamar atau di toilet saja, juga bisa disajikan di ruang publik seperti di ruang tamu atau ruang keluarga.

menciptakan ruang tamu yang hangat dan nyaman
Source : housetohome.co.uk

Kaca atau cermin memiliki sifat memantulkan cahaya dan bayangan. Karena itu, aksesoris ruangan ini bisa membantu untuk memberikan kesan luas diruangan yang kecil. Kadang cermin juga dijadikan panel dibidang dinding atau diletakkan diatas meja konsol. Cermin dengan kesan dingin dan kaku sangat cocok digunakan di ruangan dengan gaya modern atau minimalis. Panel kaca juga bisa menambah kesan futuristik di ruangan. 

Cara Agar Ruang Tamu Sempit Terlihat Luas
Source : myhomeideas.com

Untuk menghilangkan kesan dingin, cermin bisa dibungkus dengan bingkai kayu, kuningan, dan lainnya sesuai dengan tema ruangan. Untuk menambah kesan etnik, kaca bisa dibingkai dengan ukiran dekoratif tertentu, seperti ukiran jawa dan bali. Biasanya kaca cermin yang dipakai untuk panel lebih tebal dari kaca cermin biasa sekitar 8 mm.

Bila area ruangan yang tersedia cukup luas, anda bisa meletakkan bingkai cermin di meja konsol. Menaruh vas bunga dan lampu meja juga bisa membantu memantulkan bayangan di cermin dan itu akan membuat suasana lebih menarik. Anda pun bisa menyesuaikan dengan material dan warna furnitur kayu di sekelilingnya.

Tips Menata Ruang Keluarga Lebih Nyaman
Source : desainrumahminimalism.com

Bukan hanya built in dan cermin, bahan alami seperti batu alam juga bisa menyejukkan pandangan mata saat anda berada di dalam rumah. Dekorasi batu alam di salah satu bidang dinding ruangan bisa jadi salah satu ide untuk menstimulus otak anda. Biarkan kealamian batu alam menghias interior ruangan favorit keluarga.

tips ruang tamu sempit agar terlihat luas
Source : bikersoopnorth.com

Ada baiknya pilih bentuk dan jenis batu alam sesuai dengan kesan yang ingin ditampilkan. Misalkan kesan minimalis, maka bisa menggunakan batu alam dengan bentuk persegi panjang yang disusun melintang. Untuk kesan natural, bisa memilih batu alam yang pipih.

desain interior ruang tamu
Source : minimalisti.com

Terakhir bila anda ingin bernostalgia dengan masa lalu, barang barang antik dan vintage bisa melengkapi collector item di ruang tamu minimalis. Biasanya barang pecah belah, elektronik, hingga alat transportasi seperti sepeda motor bisa menjadi pajangan tempo dulu diruangan anda. Namun, barang kuno harus mendapatkan perawatan yang pas supaya kesannya tidak berubah. 


Tips mendekorasi ruang tamu sederhana
Source : euroamericadesign.com







Related Posts

1 komentar

  1. Nice artikel dan nice info, nih. Saya salah satu penggemar sofa minimalis, nih. Baru aja tadi Belanja Online ACE checkout kursi rotan yang bagus banget itu buat spot santai di rumah. Sekarang mah serba online, ya. Beli sofa atau kursi aja bisa online. Cakep deh.

    BalasHapus