Tips Membuat Ruang Dapur Sempit Menjadi Lebih Luas, Nyaman Dan Rapi

shares

Memiliki dapur yang kecil dan sempit akan menjadi tantangan tersendiri, namun jangan khawatir pada kesempatan kali ini, kita akan coba kupas beberapa langkah mudah agar dapur mungil anda bisa menjadi terasa lebih luas dan lapang. Pada dasarnya, memiliki ruang dapur yang kecil sangatlah mudah untuk menatanya, kunci utama dalam penataan dapur semacam ini ada pada pengoptimalan penyimpanan barang dan perkakas yang ada didapur. Dan penyimpanan yang sangat tepat adalah penyimpanan barang barang secara vertikal bukan horisontal.

Salah satu solusi untuk menyimpan barang dan perkakas dapur adalah lemari lemari yang ditempel di dinding ( Floating Desk ). Tentu saja dengan menempatkan lemari semacam ini, maka akan banyak menghemat tempat di ruang dapur mini anda. Sehingga semakin sedikit barang dan perkakas yang tergeletak begitu saja dilantai dapur, maka akan semakin luas juga ruangan dapur anda. Keuntungan lain dari penataan dapur yang sempit akan mempermudah aktifitas anda selama berada di ruang dapur.

Cara Penempatan Lemari Lemari Dinding

Sebagaimana yang telah kita singgung sebelumnya bahwa salah satu solusi dalam menata ruang dapur minimalis adalah menempatkan lemari lemari vertikal yang menenempel pada dinding. Sebelumnya anda harus mempertimbangkan ( bila perlu membuat denah) perubahan layout apa saja yang akan anda lakukan. Tidak harus melakukan perombakan secara besar besaran, namun dengan memasang beberapa unit lemari dinding vertikal saja sudah cukup untuk efisiensi di ruang dapur anda.

Desain dapur minimalis sederhana
Dapur Minimalis Background Putih

Usahakan untuk menutup seluruh dinding yang berada persis diatas meja dapur, berikan celah kurang lebih 60 cm sampai 70 cm antara atas meja dengan bagian bawah lemari dinding.  Usahakan juga untuk memasang lemari vertikal yang tidak menyisakan celah terlalu besar antara bagian atas lemari dengan flapon ruang dapur ( lebih baik jika sampai menempel ).  Keuntungan lain dari pemasangan tata letak lemari vertikal seperti ini selain ruang lemari mampu memuat lebih banyak barang, plafon ruang dapur pun akan terasa lebih tinggi.

Furnitur Dapur minimalis
Lemari Gantung Menutup Dinding Dapur

Tips Penataan Barang Barang Di Dapur

Setelah lemari lemari vertikal terpasang pada dinding, sekarang tiba saatnya untuk memindahkan peralatan dari rak atau lemari piring ke lemari vertikal. Manfaatnya adalah untuk mengalihkan fungsi rak atau lemari dapur sebagai penyimpanan perkakas ke lemari vertikal, yang pada akhirnya kita bisa membuang rak dapur tersebut. Sehingga dengan tidak adanya rak atau lemari piring, maka ruang dapur anda akan menjadi lebih luas secara signifikan. Keuntungan lain yang didapat dengan menyimpan semua perkakas pada lemari vertikal di dinding adalah tampilan ruang dapur menjadi lebih rapi dan elegan.

Penataan Dapur Minimalis
Penataan Ruang Dapur Minimalis
Pada saat memindahkan semua peralatan, usahakan juga untuk melakukan pemilahan terhadap perkakas atau peralatan dapur mana saja yang kira kira masih dibutuhkan dan yang sudah tidak diperlukan, mana yang sudah usang dan mana yang masih layak dipakai. Pemilahan ini sangat penting agar barang barang yang ada dilemari vertikal lebih ringkas dan efisien. Sesuaikan juga antara jumlah barang barang yang biasa dipakai dengan jumlah anggota keluarga.

Desain dapur klasik
Dapur Minimalis Bergaya Klasik
Langkah sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk menggantikan fungsi rak adalah memanfaatkan area sekitar washtafel  atau tempat cuci piring sekaligus untuk tempat meniriskan peralatan yang baru saja dicuci agar air sisa cucian tidak jatuh ke lantai tapi langsung ke saluran pembuangan. Satu hal yang harus di ingat agar lemari vertikal lebih awet dan tetap terjaga kebersihannya adalah pastikan peralatan yang akan di masukkan harus dalam keadaan benar benar kering.

Desain Minimalis dapur putih
Penataan Dapur Sekaligus Meja Makan

Dari paparan diatas dapat kita tarik poin poin penting yang bisa kita lakukan diantaranya:

  •            Mengalihkan pemakaian rak atau lemari piring biasa untuk menyimpan perkakas yang ada di dapur menjadi lemari vertikal yang di tempel di dinding. Sehingga kita bisa menyingkirkan rak atau lemari dari area dapur.

  •      Lemari Vertikal di dinding di usahakan menutupi semua dinding yang ada di atas meja dapur dan tingginya diusahakan bisa menyentuh flapon.

  •      Beri jarak sekitar 60 cm sampai 70 cm dari bagian atas meja dapur ke bagian bawah lemari vertikal.

  •            Agar bisa menyimpan banyak, penyimpanan perkakas di dalam lemari vertikal juga harus di simpan secara vertikal juga.

  •            Lakukan pemilahan barang barang yang sudah tua atau yang tidak digunakan lagi.

  •            Pastikan barang atau perkakas yang akan disimpan didalam lemari vertikal dalam kondisi kering.

Demikian tips dalam menata ruang dapur yang kecil agar menjadi lebih luas dan rapi yang bisa kita share kali ini, mudah mudahan bisa bermanfaat.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar